Simak Cara Mengobati Sembelit Dengan Cepat

Cara mengobati sembelit harus segera dilakukan dengan tepat apabila anda sudah mulai mengalami susah BAB. Sembelit atau konstipasi ini dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Tentu saja kondisi ini merupakan suatu kondisi yang sangat tidak nyaman dan mengganggu.

Biasanya, sembelit ditandai dengan frekuensi bab yang kurang dari 3 kali dalam seminggu, disertai dengan perut yang kembung dan tekstur kotoran yang padat dan keras. Nafsu makan pun cenderung berkurang karena perut yang terasa penuh. Membiarkan sembelit dapat membuat kondisi menjadi berkembang dan bertambah parah hingga sembelit kronis atau pun dapat memicu wasir.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, berikut adalah cara mengatasi sembelit dengan cepat yang dapat dilakukan langsung.

Meminum Banyak Air

Kurangnya meminum air menjadi salah satu penyebab umum dari masalah konstipasi. Dan untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan meminum banyak air. Jika asupan cairan kurang ke dalam tubuh, maka akan membuat saluran cerna tidak memperoleh air yang cukup untuk dapat melunakkan feses. Dan dengan meminum banyak air dapat menjadi cara mengobati sembelit yang mudah untuk dilakukan.

Baca Juga:  Mau Kinclong? Begini Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras dengan Mudah

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Tidak hanya cukup dengan minum, mengatasi konstipasi dapat dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Asupan yang serat dapat merangsang pergerakan usus. Asupan serat yang dikonsumsi pun harus seimbang baik berupa serat tidak larut atau serat yang larut dalam air.

Contoh makanan tinggi serat tidak larut air adalah roti gandum sereal dan pasta. Sedangkan makanan tinggi serat larut air adalah buah-buahan dan sayuran.

Meminum Yogurt

Meminum yoghurt pun menjadi cara mengatasi konstipasi. Kandungan probiotik yang ada dalam produk olahan susu ini dapat meningkatkan pergerakan usus dan juga memberikan Efek kesehatan pada usus. Bakteri baik yang ada dalam yoghurt juga dapat membantu melunakkan feses sehingga membantu memudahkan BAB.

Mengkonsumsi Brokoli

Cara mengobati sembelit yang cepat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi brokoli. Kandungan sulforafan dapat melindungi usus serta melancarkan pencernaan. Kandungan ini dapat mencegah perkembangan mikroorganisme yang dapat mengganggu pencernaan dalam usus.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Perlu Diperhatikan Agar Wajah Kembali Mulus

Meminum Obat Pencahar

Mengatasi sembelit yang cepat dapat Dengan meminum obat pencahar. Hal ini menjadi salah satu cara tercepat dalam mengobati konstipasi. Biasanya obat pencahar mengandung bisacodyl yang dapat menstimulasi pergerakan usus besar untuk mempermudah BAB.

Anda pun dapat memilih obat yang memiliki kandungan laktulosa yang tidak hanya dapat merangsang pergerakan usus, namun juga dapat melunakan feses.

Jangan Menunda BAB

Untuk dapat meringankan gejala sembelit yang dialami alangkah lebih baik untuk tidak menunda BAB. Apabila dirasa perut sudah memberikan sinyal untuk segera mengeluarkan feses, maka harus langsung dilakukan. Menunda bab hanya dapat membuat anda tidak nyaman dan feses menjadi semakin keras sehingga dapat menyebabkan sembelit.

Menaikkan Kaki Saat BAB

Cara mengobati sembelit yang satu ini dapat dilakukan jika Anda melakukan BAB dengan posisi duduk. Caranya adalah dengan menaikkan kaki ke bangku kecil yang diletakkan di depan kloset. Dan pastikan bahwa posisi lutut berada di atas pinggul.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Sebagai Cara Mengobati Kepala Pusing

Langkah ini dapat merangsang kontraksi pergerakan usus dan lebih mempermudah pengeluaran kotoran. Anda dapat mencoba langkah ini dan siapa tahu langkah ini lebih ampuh untuk meringankan gejala dan membantu mengatasi konstipasi.

Namun jika sekiranya sembelit yang dialami sudah bertambah parah dan tidak dapat ditangani oleh sendiri, alangkah lebih baik untuk segera mengkonsultasikan ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Itulah cara mengobati sembelit yang dapat dilakukan dengan cepat sebagai penanganan sementara yang dapat dilakukan sendiri dirumah. Asupan minuman dan makanan pun harus menjadi perhatian agar dapat memberikan kelancaran kinerja saluran cerna.