Sederhana, Inilah Cara Mengobati Kaki Bengkak

Beberapa orang pasti telah mengalami pembengkakan pada kaki. Kaki yang bengkak kemudian dibiarkan secara terus-menerus tentu saja dapat mengganggu aktivitas. Adapun penyebab dari kaki yang bengkak biasanya sangat beragam. Sehingga cara mengobati kaki bengkak pun beragam sesuai dengan penyebabnya.

Beberapa penyebab umum seperti edema atau penumpukan cairan pada bagian tubuh juga dapat memicu terjadinya pembengkakan pada kaki. Untuk kasus pembengkakan kaki yang ringan, biasanya akan reda seiring dengan waktu. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan keluhan dari kaki yang bengkak untuk meredakan gejalanya.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meredakan kaki bengkak.

Kaus Kaki Kompresi

Langkah yang pertama adalah dengan menggunakan kaos kaki kompresi atau compression socks. Biasanya jenis kaos kaki ini telah tersedia di berbagai toko obat, toko sepatu atau toko online. Yang mana fungsi utama dari kaos kaki ini adalah untuk meredakan nyeri serta menghindari terjadinya penumpukan cairan pada bagian tungkai, pergelangan kaki dan pada bagian kaki.

Baca Juga:  Cara mengobati Gatal di Kemaluan Secara Tradisional Tanpa Efek Samping

Untuk dapat membantu lebih, cara mengobati kaki bengkak dengan kaos kaki ini dianjurkan untuk tidak menggunakan kaos kaki yang terlalu ketat.

Meninggikan Posisi Kaki

Cara selanjutnya adalah dengan meninggikan tingkat posisi kaki atau memperhatikan elevation. Anda dapat meletakkan kaki di atas sandaran untuk membantu mengurangi pembengkakan. Sebagai contoh Anda dapat berbaring di lantai dengan kaki yang menempel dan terangkat ke dinding.

Berolahraga Ringan

Ternyata, salah satu penyebab dari pembengkakan di kaki yang semakin parah adalah duduk ataupun berdiri dalam waktu yang lama. Cobalah untuk melakukan beberapa olahraga atau gerakan ringan agar dapat membantu meredakan pembengkakan tersebut.

Anda dapat melakukan beberapa pergerakan seperti menggerak-gerakkan lutut dan tekuk atau merentangkan pergelangan kaki. Hal ini dapat membantu sebagai cara mengobati kaki bengkak.

Menurunkan Berat Badan

Kaki akan lebih bekerja ekstra untuk menahan beban tubuh yang terlalu berat. Menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu solusi untuk menghindari pembengkakan pada kaki. Selain itu, menurunkan berat badan juga dapat meningkatkan kesehatan.

Baca Juga:  Bisa! Begini Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat Dalam 3 hari Alami Anti Gagal dan Mudah

Garam Epsom

Cara selanjutnya adalah dengan merendam kaki dan pergelangannya menggunakan air dingin yang diisi dengan garam epsom agar dapat meredakan nyeri selama 15 hingga 20 menit. Periksa terlebih dahulu suhu air untuk menghindari kaki mengenai suhu ekstrim khususnya untuk penderita neuropati diabetes.

Suplemen Magnesium

Selanjutnya, cara mengobati kaki bengkak dapat dengan mengkonsumsi suplemen magnesium. Cobalah untuk mengkonsumsi 200 hingga 400 mg magnesium yang dimasukkan ke dalam makanan harian untuk dapat membantu membatasi retensi air dan juga rasa sakit.

Namun, untuk hal ini alangkah lebih baik untuk ditanyakan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping atau terjadinya hal-hal yang lebih buruk.

Bantuan Medis

Beberapa cara di atas hanyalah cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri atau sebagai bentuk pengobatan di rumah. Dan beberapa cara tersebut hanya berlaku untuk pembengkakan kaki yang terbilang ringan.

Baca Juga:  Simak Cara Mengobati Mata Bengkak

Untuk kasus pembengkakan kaki yang perlu ditangani lebih lanjut oleh tenaga medis, harus segera ditindak secara langsung oleh dokter. Segeralah untuk menemui dokter agar dapat memperoleh penanganan yang tepat jika pembengkakan kaki sudah menunjukkan tanda-tanda pembengkakan yang serius dan berat atau tak kunjung sembuh.

Dan itulah beberapa cara mengobati kaki bengkak yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk kasus pembengkakan yang ringan. Semoga bermanfaat.