Cara Mengobati Perut Kembung Secara Tradisional

Bagaimana cara mengobati perut kembung tradisional? Ini tentunya akan menjadi pertanyaan Anda,  terlebih bila perut kembung ini jadi langganan harian. Anda tidak perlu penanganan khusus yang berlebihan jika tahu jawabannya.

Pada dasarnya, bila sejumlah gas menumpuk di dalam usus atau lambung, maka akan membuat perut kembung. Penyebabnya udara yang masuk atau meningkatnya produksi gas di dalam usus. Memang ada sejumlah obat medis yang bisa digunakan untuk meredakan keluhan ini.

Namun, Anda juga bisa menggunakan cara tradisional sebagai alternatif obat. Menariknya, bahan-bahan yang digunakan untuk mengobati pun bukan hal asing, dan mungkin saja Anda temui setiap hari di dapur.

Cara Mengobati Perut Kembung Secara Tradisional Dengan Mudah

Angin yang bergerak dan berpindah-pindah di dalam perut memang membuat tidak nyaman. Namun terkadang kondisi ini tidak bisa dihindari, terlebih bila salah mengonsumsi makanan atau minuman. Untuk meredakannya, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga:  Simak Cara Mengobati Mata Bengkak

Terapi yang bersifat herbal ini, juga akan membantu mendukung fungsi usus. Selain itu, juga bisa meningkatkan aliran energi ke hati dan kantung empedu. Lantas ramuan apa yang bisa digunakan untuk menghilangkan gas di dalam perut, ini jawabannya.

Cara mengobati perut kembung tradisional dengan jahe dan asafetida

Cara mengobati perut kembung tradisional yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk jahe dengan asafetida sejumput. Di mana asfetida ini merupakan saripati tanaman ferula yang kerap digunakan saat membuat acar.

Pengganti asafetida adalah garam. Lanjutkan dengan mencampur bubuk jahe dengan asafetida atau sejumput garam, ke dalam cangkir kemudian seduh dengan air hangat dan minum.

Campuran jeruk nipis dan irisan jahe

Masih dengan menggunakan jahe. Kali ini yang perlu Anda lakukan adalah mengiris jahe kemudian rendam di dalam perasan air jeruk nipis ditambah dengan segelas air hangat. Minum larutan ini setelah Anda makan.

Baca Juga:  Inilah Cara Mengobati Sipilis dengan Bawang Putih

Seduhan daun mint dan teh

Cara mengobati perut kembung tradisional yang ketiga adalah dengan meminum seduhan ini. Campur teh dengan daun mint segar sebanyak empat tangkai. Kemudian seduh dengan menggunakan air mendidih di dalam cangkir.

Untuk mengusir rasa tidak nyaman di dalam perut, maka minum teh dan daun mint ini setiap habis makan. Selain itu, seduhan ini juga bisa membantu Anda meredakan migrain, meredakan gejala pilek serta alergi, dan masih banyak lagi.

Asinan

Cara tradisional lainnya yang dipercaya bisa menghilangkan rasa kembung di perut adalah dengan makan asinan kubis atau kol. Bakteri asam laktat yang terdapat pada makanan fermentasi ini bisa membantu menghilangkan gas-gas di dalam perut.

Makanan fermentasi lainnya yang juga bermanfaat untuk mengobati perut kembung adalah acar lobak dan wortel. Anda hanya perlu membuat irisan dari keduanya dan campur dengan menambahkan cuka beras. Biarkan beberapa hari dan konsumsi secara rutin untuk menormalkan pencernaan Anda.

Baca Juga:  Mudah, Ini Cara Membuat Desinfektan Alami di Rumah

Kentut atau Sendawa

Berikut ini adalah tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa tidak nyaman karena gas-gas di dalam perut, yaitu, sendawa atau kentut. Kedua hal ini merupakan cara alami untuk meredakan [erut kembung.

Karenanya jika perut Anda terasa tidak nyaman, maka cari kesempatan untuk menjauhkan diri dan buang gas. Dengan kentut, sudah bisa dipastikan usus Anda akan merasa senang. Selain itu, manfaat jangka panjang dari kentut, juga bisa membantu menurunkann risiko komplikasi usus besar.

Sementara untuk jangka pendeknya, kentut yang ditahan akan membatasi motiltas usus. Sehingga akhirnya bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada pencernaan, bahkan sembelit.

Itu dia cara mengobati perut kembung tradisional yang bisa Anda praktikkan. Sementara jika dalam keadaan darurat, perut kembung juga bisa diatas dengan mengonsumsi air putih hangat. Selamat mencoba!