Begini Cara Mengobati Anak Kucing Mencret Secara Alami

Layaknya manusia, binatang peliharaan bisa terserang diare atau mencret. Kemudian bagaimana cara mengobati anak kucing mencret secara alami dan biskah dilakukan tanpa perlu pergi ke dokter hewan? Pada artikel kali ini Anda akan menemukan jawabannya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing diare. Salah satunya tentu makan dan minum di tempat kotor, padahal Anda telah memberikan mereka makanan yang bersih. Namun karena mereka biasa berkeliaran di luar rumah, bisa jadi mereka menemukan makanan dan minuman di tempat lain.

Cara Mengobati Anak Kucing Mencret Secara Alami di Rumah

Pemberian susu sapi yang mengandung laktosa juga bisa menyebabkan mencret. Begitu juga bila kucing merasa stres yang disebabkan banyak hal, bisa memicu diare, seperti ganti pemilik, cuaca, atau berada di tempat yang tidak dikenali.

Sebelum mengatasi sakitnya, yang perlu dilakukan pertama kali adalah melokalisir kucing agar tidak terkontaminasi dengan penyakit lain. Kondisi ini akan menjauhkan kucing dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan menghindari penularan pada kucing lain.

Baca Juga:  Cari Tahu Penyebab serta Cara Mengobati Mata Merah dan Berair

Lantas bagaimana sebaiknya mengobati kucing mencret, simak tips di bawah ini.

Puasa Adalah Cara Mengobati Anak Kucing Mencret secara Alami

Cara mengobati anak kucing mencret secara alami yang pertama adalah dengan membiarkan kucing berpuasa selama 12 hingga 24 jam. Cara ini juga sangat dianjurkan oleh dokter hewan, tujuannya agar fungsi usus dan organ pada perutnya bisa kembali sehat.

Meskipun puasa bukan berarti mereka kekurangan air minum. Perhatikan betul bahwa puasa yang harus dilakukan oleh kucing dewasa tidak lebih dari 24 jam,  sementara untuk kucing muda tidak lebih dari 12 jam.

1. Yoghurt

Bakteri baik atau lactobacillus di dalam yoghurt baik untuk pencernaan termasuk untuk pencernaan kucing. Yoghurt bisa diberikan kepada kucing mencret agar pencernaannya kembali normal. Takaran sendiri dua hingga tiga sendok teh saja.

2. Elektrolit

Cara mengobati anak kucing mencret secara alami yang ketiga adalah memberikan larutan elektrolit. Anda bisa membuatnya sendiri yaitu dengan mencampur  1 sendok makan gula dan satu sendok teh garam dengan air sebanyak 900 ml.

Baca Juga:  4 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional yang Efektif dan Aman

Berikan cairan ini setelah kucing pup dan lakukan secara rutin. Cara ini bisa mengobati masalah diare kucing secara bertahap. Jika Anda enggan membuatnya sendiri, Anda juga bisa membelinya di toko khusus hewan atau pet shop.

3. Ubah Menu Makanan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab kucing adalah makanan. Selain terkontaminasi bisa jadi makanan tidak cocok untuk kucing. Cari cara termudah adalah dengan mengganti makanan yang diberikan pada kucing.

Sementara mengganti makanannya. Anda juga bisa memberikan daging ayam atau ikan yang telah direbus kemudian dicampur dengan nasi putih untuk mengatasi mencretnya. Menambahkan wortel pada makanannya juga dipercaya bisa membunuh cacing penyebab infeksi.

Tidak sedikit orang memberikan tempe rebus untuk mengatasi masalah ini. Namun tidak semua kucing juga cocok bahkan ada pro dan kontra terhadap pemberian tempe pada kucing. Bagi Anda yang ingin mencobanya bisa mencampurkan tempe rebus dengan makanan yang biasa mereka makan.

Baca Juga:  Sederhana, Inilah Cara Mengobati Kaki Bengkak

Ada juga yang hanya memberikan tempe rebus tanpa campuran apa pun. Beberapa kucing mungkin mau menyantapnya namun jangan heran jika tidak sedikit kucing yang juga menolaknya karena aromanya yang kurang sedap bagi mereka.

Nah itu dia beberapa cara mengobati anak kucing mencret secara alami. Jika sakitnya terus berlanjut sebaiknya Anda segera menghubungi dokter hewan. Karena yang dikhawatirkan kucing mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan kematian.