Simak Cara Mengobati Mata Bengkak

Beragam faktor dapat menjadi penyebab dari pembengkakan pada kelopak mata. Bengkak nya kelopak mata bisa karena disebabkan oleh hal sederhana seperti terlalu lama menangis, hingga pada masalah kesehatan seperti infeksi, iritasi atau juga dapat berupa reaksi alergi. Dan untuk cara mengobati mata bengkak dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Cara pengobatan mata bengkak dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya seperti dengan melakukan pengompresan, diobati oleh obat tetes mata, atau dengan penggunaan antibiotik. Namun, untuk mencegah salah tanggap, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari kelopak mata yang bengkak.

Adapun cara pengobatan yang paling umum untuk mengatasi mata bengkak adalah sebagai berikut.

Kompres Hangat

Yang pertama adalah dengan melakukan pengompresan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. Kompres hangat ini dapat meredakan kelopak mata yang bengkak akibat sejumlah kondisi.

Baca Juga:  Cara mengobati Gatal di Kemaluan Secara Tradisional Tanpa Efek Samping

Umumnya, pembengkakan dapat diakibatkan oleh penyumbatan kelenjar minyak dan saluran air mata, karena bintitan, blefaritis atau radang kelopak mata, atau konjungtivitis. Suhu hangat dari kain kompresan dapat melancarkan aliran darah dan juga mengurangi sumbatan pada area sekitar kelopak mata.

Cara mengobati mata bengkak dengan kompresan adalah dengan merendam kain bersih dalam air hangat, kemudian tempelkan pada kelopak mata yang bengkak selama beberapa menit.

Kompres Dingin

Selain kompres hangat, kompres dingin pun dapat dilakukan untuk meredakan pembengkakan pada kelopak mata. Diantaranya pembengkakan yang diakibatkan oleh terlalu banyak menangis ataupun kurang tidur. Pembengkakan tersebut terjadi akibat darah dan cairan yang menumpuk pada bagian kelopak mata.

Untuk kondisi ini, kompres dingin menjadi solusi terbaik dan cara yang paling efektif untuk mengatasi hal tersebut. Kompres dingin juga bermanfaat untuk mengurangi gatal sehingga dapat menjadi solusi untuk mengatasi bengkak akibat reaksi alergi.

Baca Juga:  Simak Cara Mengobati Flu dengan Perawatan Rumahan

Cara mengobati mata bengkak dengan kompres dingin adalah merendam bersih pada air dingin, kemudian menempelkan kain tersebut pada kelopak mata yang bengkak selama beberapa menit.

Menggunakan Antibiotik

Apabila dengan cara sederhana tersebut masih tidak menunjukkan tanda peredaan pembengkakan, maka terdapat kemungkinan bahwa kelopak mata Anda terserang infeksi. Infeksi ini dapat muncul dalam beragam rupa seperti cellulitis, konjungtivitis, blefaritis, bintitan atau akibat penyumbatan saluran air mata yang bertambah parah.

Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk dapat mengatasi hal tersebut. Antibiotik yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi mata bengkak dapat berupa salep, krim, tetes mata, obat minum atau juga dapat melalui infus untuk kasus selulitis yang parah. Cara mengobati mata bengkak dengan antibiotik ini diharuskan dengan menggunakan resep dokter.

Menghindari Pemicu Alergi

Untuk kasus reaksi alergi biasanya pembengkakan pada kelopak mata diakibatkan oleh kontak dengan kotoran atau debu, karena produk perawatan kulit atau kosmetik, ataupun karena beragam pemicu alergi lainnya.

Baca Juga:  Khusus Pecinta Kucing, Inilah Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Meskipun reaksi alergi pada mata umumnya tidak membahayakan, namun gejala yang ditimbulkan cukup mengganggu. Dan cara terbaik untuk mencegah timbulnya reaksi alergi pada mata adalah dengan menghindari pemicu nya. Dan untuk mengatasinya dapat Dengan meminum obat alergi.

Dan itulah beberapa cara mengobati mata bengkak yang dapat dilakukan untuk mengatasi pembengkakan tersebut sesuai dengan penyebabnya. Alangkah lebih baik untuk tidak membiarkan pembengkakan terlalu lama dan segera mengambil tindakan dengan memeriksakan diri ke dokter apabila pembengkakan tidak kunjung sembuh.