Simak Cara Mengobati Flu dengan Perawatan Rumahan

Flu merupakan penyakit yang sering menyerang secara umum di kalangan masyarakat. Perpaduan antara beberapa gejala seperti nyeri tubuh, menggigil, demam yang disertai dengan hidung tersumbat tentu saja sangat mengganggu. Beberapa orang telah melakukan cara mengobati flu yang ampuh tanpa harus memeriksakan diri ke dokter.

Adapun penyakit flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Sebetulnya, tidak ada obat untuk mengatasi flu, namun terdapat pengobatan yang dapat dilakukan untuk meredakan gejalanya. Terdapat banyak pengobatan rumahan yang dapat membantu Untuk meringankan gejala flu.

Namun, apabila gejala flu tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu beberapa minggu atau lebar lewat dari 1 minggu, maka harus segera diambil tindakan yang lebih serius yaitu dengan penanganan dokter.

Sebelum melakukan hal tersebut berikut adalah cara mengobati flu dengan menggunakan pengobatan rumah untuk gejala flu yang ringan.

Baca Juga:  Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata

Minum Air dan Cairan

Langkah pertama adalah meminum air dan cairan sebagai langkah yang penting dalam menangani flu. Karena air dapat membantu untuk menjaga hidung, mulut dan tenggorokan agar tetap lembab. Dan ini akan membantu untuk menyingkirkan dahak dan lendir yang menumpuk.

Jika tidak tetap meminum air dan cairan disertai dengan makan yang normal, sangat memungkinkan untuk memperparah situasi menjadi dehidrasi. Diare dan demam merupakan dua gejala flu yang umum yang dapat menghilangkan kandungan air dalam tubuh.

Memperbanyak Istirahat

Istirahat merupakan salah satu hal penting sebagai cara mengobati flu. Karena tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh anda untuk melawan virus.

Meminum Kaldu Hangat

Cara selanjutnya adalah Dengan meminum kaldu ayam ataupun kaldu tulang sapi hangat untuk dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Meminum kaldu hangat pun dapat membantu untuk melonggarkan serta memecahkan hidung dari sinus tersumbat.

Baca Juga:  Inilah Cara Mengobati Kutu Air yang Sudah Parah

Kandungan protein yang tinggi dan mineral dalam kaldu tulang merupakan bahan alami yang baik untuk mengisi kembali nutrisi di saat sedang flu. Karena kandungan protein yang tinggi dapat membantu membangun kembali sel-sel kekebalan tubuh.

Jika hendak membeli, pastikan untuk membeli kaldu atau sup ayam yang sudah jadi dengan kandungan rendah sodium. Atau lebih baik untuk membuat kaldu sendiri dengan merebus tulang ayam atau sapi.

Berkumur dengan Air Garam

Selanjutnya, cara mengobati flu dapat dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya adalah dengan menyiapkan air yang direbus hingga memiliki suhu kamar atau hangat. Kemudian campurkan 8 ons air hangat dengan setengah sendok teh garam.

Selanjutnya tarik air garam ke bagian belakang tenggorokan dan kemudian berkumurlah selama sekitar 10 hingga 30 detik, kemudian ludah kan. Hal ini untuk membilas mulut dan tenggorokan. Lakukan hal tersebut secara berulang sebanyak 2 hingga 4 kali. Jangan menelan air garam tersebut.

Baca Juga:  Mudah, Ini Cara Membuat Desinfektan Alami di Rumah

Minum Teh Herbal

Beberapa jenis herbal biasanya mengandung sifat anti virus serta anti bakteri yang alami. Hal ini karena sifat anti-virus yang dikandung didalamnya cukup efektif untuk melawan beberapa jenis virus flu. Selain itu, beberapa jenis herbal dan teh daun hijau memiliki manfaat untuk dapat melawan kuman dan antioksidan.

Anda dapat membuat teh herbal yang terbuat dari teh hijau atau teh hitam, kunyit, jahe, bawang putih segar dan cengkeh. Cara mengobati flu pun dapat dilakukan dengan meminum madu dan menghirup uap.