Lakukan Hal Ini Sebagai Cara Mengobati Kepala Pusing

Migrain, flu, vertigo, stres, gangguan saraf ataupun beberapa kondisi lainnya dapat menjadi penyebab pusing. Apabila kita berbicara soal pusing, maka dapat menggambarkan berbagai macam kondisi kesehatan. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu aktivitas pengidapnya. Cara mengobati kepala pusing pun dapat dengan beberapa cara.

Meskipun pusing tidak selalu menandakan kondisi serius, namun bukan berarti pusing dapat diabaikan. Pusing juga dapat dipicu oleh pola tidur yang tidak baik dan juga karena tingkat stres yang tinggi. Merubah pola hidup tentunya dapat membantu untuk mengurangi gejala yang dirasa.

Berikut adalah mengatasi kepala pusing  yang dapat dilakukan ketika gejala tersebut menyerang.

Mencukupi Cairan Tubuh

Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar bagian dari tubuh adalah cairan. Oleh karena itu, sudah semestinya bahwa kebutuhan cairan tubuh haruslah terpenuhi. Perlu diingat pula bahwa kepala yang sering mengalami pusing juga dapat dikarenakan kekurangan cairan. Dan dehidrasi yang dialami dapat memperparah kondisi kepala. Sehingga memberi asupan cairan yang cukup haruslah ditingkatkan.

Baca Juga:  Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Biar Tidak Kambuh Lagi

Berbaring Santai

Ketika kepala pusing dialami saat berdiri, cobalah untuk berbaring sejenak. Berbaring dapat mendorong aliran darah ke otak dan dapat mengurangi penekanan pada kaki. Hentikan sejenak aktivitas yang dilakukan kan dan ambil nafas dengan tenang kemudian rileks kan pikiran. Apabila sering mengalami pusing karena vertigo, pejamkan mata sambil duduk atau berbaring.

Mengurangi Asupan Kafein, Garam dan Alkohol

Cara mengobati kepala pusing selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan kafein, garam dan alkohol. Ketiga hal tersebut memiliki sifat diuretik atau meningkatnya kebutuhan untuk buang air kecil. Hal inilah yang akan membuat kondisi tubuh semakin banyak kehilangan cairan dan tentunya akan memper buruk kondisi dan membuat pusing.

Selain itu, rokok juga dapat menjadi alasan seseorang sering mengalami pusing karena zat zat yang dikandung di dalamnya dapat memper buruk kondisi pusing yang dialami.

Baca Juga:  Khusus Pecinta Kucing, Inilah Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Ganti Atau Hentikan Obat

Cara mengobati kepala pusing selanjutnya dapat dengan mengganti atau menghentikan konsumsi obat-obatan. Rasa pusing yang dialami dapat berkaitan dengan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Konsultasikan dengan dokter agar dapat dikurangi dosis atau penghentian obat sementara.

Mengkonsumsi Makanan Sehat Penambah Energi

Rendahnya kadar gula dalam darah pun dapat menjadi penyebab kepala sering mengalami pusing. Hal ini pun sering terjadi ketika seseorang melewatkan waktu makan. Oleh karena itu, konsumsilah camilan sehat yang dapat menambah energi dan gula darah seperti pisang atau coklat.

Penuhi Waktu Tidur

Waktu tidur yang tidak tercukupi juga menjadi penyebab kepala sering pusing. Tidak hanya dapat menyebabkan kepala pusing, kurang tidur pun dapat memicu masalah lain. Mulai dari sistem imun yang lemah, kesulitan dalam mengatur emosi, hingga menurunnya kualitas hidup.

Baca Juga:  Inilah Cara Mengobati Mata Merah yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Cara mengobati kepala pusing adalah dengan mengambil waktu sejenak untuk beristirahat ketika pusing menyerang. Cara ini dapat membantu meredakan rasa pusing yang dialami. Penuhi waktu tidur selama 6 hingga 8 jam per harinya.

Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga yang rutin dapat memberikan banyak keistimewaan bagi tubuh. Tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun, olahraga fisik dapat memperlancar aliran darah yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sistem aliran darah yang lancar dan tubuh yang rileks lebih dapat meminimalisir terjadinya resiko terserang penyakit yang dapat memunculkan gejala pusing ataupun sakit kepala.

Perlu diingat, apabila pusing tidak kunjung mereda dalam waktu yang cukup lama, atau bahkan disertai dengan rasa lemas serta keluhan lainnya, segeralah mengkonsultasikan diri dengan dokter. Hal tersebut dapat mungkin menjadi di pemicu adanya penyakit-penyakit tertentu.

Dan itulah cara mengobati kepala pusing yang dapat dilakukan sebagai bentuk penanganan ketika pusing menyerang.