Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata

Mata merupakan salah satu bagian utama dalam tubuh yang sangat mengambil peran penting. Sehingga apabila terjadi sakit mata, tentu saja hal tersebut dapat sangat mengganggu. Mungkin beberapa cara mengobati sakit mata memang umum dilakukan. Namun beberapa diantaranya tidak sesuai dengan penyebabnya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pengobatan terhadap mata, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab yang menjadi faktor dari sakit mata tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab sakit mata yang cukup umum.

Infeksi Virus

Yang pertama adalah infeksi virus. Biasanya, yang menjadi tanda umum dari sakit mata akibat infeksi virus adalah seringkali mata menjadi berair, memerah, gatal, adanya sedikit pembengkakan beserta ada yang terasa mengganjal di pada bagian mata.

Infeksi Bakteri

Selanjutnya, sakit mata dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri. Biasanya, bakteri penyebab sakit mata ini adalah bakteri staphylococcus dan juga pneumoccocus. Adapun tanda dari sakit mata yang diakibatkan infeksi bakteri tidak cukup berbeda dengan yang terjadi akibat infeksi virus.

Baca Juga:  Cara Mengobati Infeksi Rahim Dengan Kunyit

Namun biasanya infeksi bakteri akan disertai dengan mata pedih yang mengeluarkan kotoran mata berwarna kuning pekat seperti nanah.

Reaksi Alergi

Cara mengobati sakit mata yang cukup umum dengan obat adalah sakit mata akibat reaksi alergi. Biasanya mata akan menjadi merah dan terasa perih.

Luka Pada Mata

Sakit mata pun dapat terjadi akibat luka. Biasanya sakit mata ini akan disertai dengan gatal. Apabila tidak lekas diobati, maka sangat berpotensi untuk terjadi infeksi.

Rupanya, tidak hanya dengan obat kimia saja, beberapa langkah sederhana dan bahan herbal pun dapat dijadikan sebagai cara mengobati sakit mata. Beberapa bahan alami tersebut tentunya dapat diperoleh di sekitaran anda. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Kompres Air Hangat

Kompres air hangat menjadi salah satu langkah sederhana yang paling umum dan dapat dilakukan dengan mudah. Langkah ini pun dapat membersihkan mata dari debu, kotoran atau bakteri pada mata. Caranya adalah dengan mencelupkan handuk bersih ke air hangat Kemudian dikompreskan pada bagian mata yang sakit.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Perlu Diperhatikan Agar Wajah Kembali Mulus

Bunga Mawar

Sakit mata pun dapat disembuhkan dengan menggunakan bunga mawar. Caranya adalah dengan memasukkan bunga mawar ke dalam air kemudian gunakan air tersebut untuk mengobati bagian mata yang gatal dan memerah.

Daun Sirih

Selain bunga mawar, cara mengobati sakit mata dapat dengan menggunakan bahan alami berupa daun sirih yang sangat populer khasiatnya untuk kesehatan. Langkahnya adalah dengan menyiapkan 3 lembar daun sirih yang bersih kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Dinginkan air rebusan tersebut, kemudian gunakan untuk membersihkan mata.

Irisan Mentimun

Selain air bunga mawar dan air rebusan daun sirih, mentimun pun dapat menjadi solusi untuk mata yang memerah dan gatal. Timun cukup ampuh untuk menangani hal ini. Tidak hanya sensasi kesegaran yang akan diperoleh, namun timun pun dapat memperingan kantung mata. Caranya adalah dengan mengiris tipis timun Kemudian lekatkan pada mata untuk beberapa waktu.

Baca Juga:  Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Madu

Selain untuk ketahanan badan, madu juga efisien untuk menyembuhkan sakit mata. Terutama mata yang kotor atau sering belekan. Caranya adalah dengan membersihkan mata dengan kapas yang dibasahi oleh air hangat, Kemudian berikan madu pada bagian mata yang kotor. Gunakan sebanyak 3 kali sehari secara teratur hingga sembuh.

Itulah beberapa cara mengobati sakit mata yang dapat dilakukan dengan menggunakan langkah sederhana dan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.