Cara Mengobati Sakit Ulu Hati dengan Jahe, Amankah?

Seberapa efektifkah cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe? Mungkin ini sudah jadi pertanyaan bagi Anda yang kerap mengalami sakit di tubuh bagian ini. Sakit ulu hati atau heartburn merupakan kondisi yang tidak nyaman di antara bagian bawah pusar dan tulang dada.

Rasanya tidak nyaman ini kadang datang sesaat setelah makan. Hal ini disebabkan oleh refluks asam lambung dan penyakit maag. Penyebabnya sendiri, bisa karena pola makan yang tidak teratur atau sering berubah-ubah atau terlambat.

Tanda sakit ulu hati, biasanya adalah timbul rasa sakit seperti panas dan terbakar. Kemudian mual dan muntah yang disertai dengan cairan asam dari lambung dan perut terasa kembung serta penuh. Namun banyak juga yang mengatakan bahwa ulu hati disebabkan oleh penyakit jantung.

Jika penyebabnya sakit jantung maka yang dirasa adalah nyeri dada yang menjalar hingga ke leher dan lengan. Kemudian ada rasa seperti tertusuk, nyeri, dan perih. Dada berdebar, napas sangat berat,  keringat dingin, tubuh lemas.

Baca Juga:  Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata

Benarkah Cara Mengobati Sakit Ulu Hati dengan Jahe?

Tidak bisa dipungkiri bahwa jahe adalah salah satu rempah alami, yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara turun-temurun. Pasalnya jahe memang mengandung antioksidan dan senyawa kimia lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Termasuk untuk mengobati sakit ulu hati yang disebabkan oleh refluks asam lambung atau maag. Kandungan senyawa fenolat yang terdapat pada jahe dipercaya mampu mengurangi kontraksi pada lambung dan iritasi saluran pencernaan.

Begini Seharusnya Cara Mengobati Sakit Ulu Hati dengan Jahe

Memang masih sedikit bukti cara mengobati ulu hati dengan jahe ini. Namun jika anda mau mencoba mengonsumsinya, boleh-boleh saja. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Anda bisa menggunakan jahe merah yang telah dikupas sebelumnya. Kemudian langsung punya jahe dalam keadaan mentah.
  2. Cara yang kedua adalah dengan membuat minuman teh jahe. Disini anda bisa mencampurkan madu untuk menambahkan rasa manis.
  3. Jahe juga bisa ditambahkan ke dalam masakan sehari-hari. Caranya dengan ditumis terlebih dahulu dengan bawang putih atau langsung memasukkan ke dalam sayur berkuah.
Baca Juga:  Inilah Cara Mengobati Mata Gatal yang Aman

Untuk takaran sendiri sekitar 2 hingga 4 gram saja. Atau setara dengan 1 hingga 2 sendok teh, jika hendak membuat teh jahe juga masakan.

Sebagai catatan, cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe bagi yang baru mencoba, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang sedikit dulu. Khawatirnya jika terlalu banyak mengkonsumsi jahe justru akan memperburuk penyakit maag atau gejala asam lambung naik, yang menyebabkan ulu hati akhirnya sakit.

Jika dikonsumsi dalam jumlah dosis yang kecil biasanya akan menimbulkan efek samping ringan seperti perut kembung atau terasa bergas. Efek samping yang tergolong berat juga bisa dialami, biasanya rasa yang timbul adalah perut mulas dan kondisi yang semakin parah.

Hal ini bisa terjadi jika anda mengkonsumsi jahe lebih dari 4 gram selama kurun waktu 24 jam. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda juga bisa menggunakan jahe bubuk yang cenderung lebih ringan dibandingkan dengan jahe segar.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menerapkan Cara Mengobati Luka Lecet

Sementara bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jahe. Karena bisa jadi ulu hati anda tidak akan sembuh meskipun telah minum rempah ini. Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara mengobati ulu hati dengan jahe. Jika tidak yakin dengan cara ini, maka sebaiknya pilih pergi ke dokter untuk memeriksakan ulu hati Anda yang kerap sakit. Semoga bermanfaat.