Inilah Cara Mengobati Kutu Air yang Sudah Parah

Kutu air memiliki bentuk yang cukup kecil namun efek sampingnya terhadap kenyamanan tubuh sangat besar. Beberapa kutu air bahkan seringkali sulit hilang dan justru lebih parah sehingga banyak kalangan yang mencari informasi cara mengobati kutu air yang sudah parah.

Meski terlihat seperti gangguan kesehatan ringan, namun jika kutu air dibiarkan maka akan menjadi penyakit yang lebih parah dan mengganggu. Kutu air yang telah parah juga bisa berpotensi menular pada orang lain.

Cara Mengobati Penyakit Kutu Air

Kutu air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang seringkali menyerang sela-sela jari tangan dan kaki. Ada beberapa alternatif cara mengobati kutu air yang bisa dilakukan saat penyakit kutu air mulai menyerang diantaranya :

  • Mengoleskan salep anti jamur pada kutu air yang ada pada kulit
  • Merendam kaki atau tangan dengan air yang telah dicampur larutan garam
  • Mengonsumsi obat anti jamur

Ketiga cara ini menjadi cara yang paling lumrah untuk dilakukan oleh penderita kutu air. Diantara ketiga cara tersebut, cara pertama dan kedua menjadi cara yang paling sering dilakukan. Kedua cara tersebut juga bisa dilakukan tanpa resep dokter sekalipun.

Baca Juga:  Inilah Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

Beberapa penderita kutu air bisa sembuh dengan menggunakan cara mengobati kutu air yang sudah parah tersebut. Namun beberapa penderita lainnya justru tidak mendapatkan reaksi apapun dari kedua metode tersebut.

Salep anti jamur memiliki beberapa jenis dengan dosisi dan kekuatan yang berbeda diantaranya miconazole, clotrimazole, ketoconazole, dan lain sebagainya. Obat anti jamur oles memang menjadi obat yang bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter berbeda dengan obat anti jamur minum.

Obat anti jamur minum biasanya digunakan atas resep dokter setelah penderita kutu air memeriksakan diri ke dokter. Salah satu contoh obat anti jamur minum adalah itraconazole yang hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter.

Obat yang bekerja dari dalam tubuh seringkali memiliki efek samping tertentu terhadap organ tubuh lainnya. Inilah yang menyebabkan obat minum tersebut hanya boleh dikonsumsi berdasarkan petunjuk dari dokter.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Sebagai Cara Mengobati Kepala Pusing

Itraconazole sendiri merupakan obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap gagal jantung dan gangguan hati. Jika obat ini dikonsumsi tanpa petunjuk dokter, maka hal ini bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Mengenal Penyebab Kutu Air

Selain mengetahui cara mengobati kutu air yang sudah parah, alangkah baiknya jika Anda juga memahami penyebab dari kutu air itu sendiri. Hal ini bisa membantu Anda menghindari berbagai penyebab tersebut sehingga penyakit kutu air ini tidak Anda alami. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kutu air diantaranya :

  • Kondisi kaki atau tangan yang kurang bersih
  • Kondisi kaki atau tangan lembap
  • Terlalu sering menggunakan sepatu yang tebal dan ketat
  • Infeksi jamur trichophyton

Hal-hal yang menyebabkan terjadinya kutu air memang cukup sepele dan tentunya bisa dicegah dengan sangat mudah. Anda hanya perlu menjagai kebersihan dengan rutin mencuci kaki setelah beraktivitas kemudian segera mengeringkannya.

Baca Juga:  Simak Cara Mengobati Flu dengan Perawatan Rumahan

Kaki yang lembap dan hangat menjadi sasaran empuk bagi jamur untuk berkembang biak dan menyebabkan terjadinya kutu air ini. Jika Anda terlanjur mengalami kutu air, maka Anda harus segera mengobatinya agar kutu air ini tidak semakin parah.

Jangan pernah menganggap kutu air bisa sembuh sendiri tanpa perawatan, karena kutu air akan semakin parah dan menular pada orang lain jika tidak di obati. Bukan hanya itu, kutu air yang sudah parah juga bisa menyebabkan infeksi jamur dan bakteri, alergi, selulitis, dan berbagai penyakit lainnya.

Memilih cara mengobati kutu air yang sudah parah dan menjaga kebersihan kulit bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit ini. Dengan cara yang tepat, kesehatan Anda bisa kembali dengan sempurna.