Inilah Cara Mengobati Kutu Air di Tangan agar Tidak Iritasi

Kutu air atau kerap disebut dengan tinea pedis adalah salah satu jenis infeksi jamur yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan bersisik.  biasanya paling sering terjadi di bagian kaki namun bisa pula terkena di  area tangan. Hal tersebut bisa mengganggu aktivitas, oleh karena itu perlu mengetahui bagaimana cara mengobati kutu air di tangan agar bisa sembuh.

Kutu air di tangan atau disebut dengan tinea manuum sering terjadi jika lupa mencuci tangan kemudian menyentuh kulit yang terinfeksi jamur misalnya area kaki yang terkena kutu air ataupun penyakit kurap.  tempat yang lembab merupakan area yang paling disenangi oleh jamur. Begitupun bagian kulit yang tipis. Tak heran jika kutu air menyerang sela-sela jari ataupun telapak tangan yang yang kerap berkeringat.

Gejala Kutu Air di Tangan

Umumnya gejala utama yang dirasakan adalah ruang gatal pada area jari dan tangan. Selain itu terdapat beberapa kondisi yang perlu diketahui seperti berikut ini:

  • Gatal ringan hingga berat disertai dengan rasa terbakar
  • Kulit kering bahkan hingga mengelupas biasanya terjadi pada infeksi jamur anthropophilic;
  • Perubahan warna kulit jika ruang sudah sembuh.
  • Timbul lepuhan kecil yang mengeluarkan nanah
  • Terdapat tanda berupa cincin dengan warna merah dan timbul pada tepi dengan bagian tengah saat terlihat mulai sembuh.
Baca Juga:  Inilah Alternatif Cara Mengobati Keseleo yang Sudah Lama

Kutu air pada tangan umumnya sulit didiagnosis karena hampir sama dengan penyakit kulit lainnya seperti kudis atau scabies, psoriasis dan dermatitis. Jamur tersebut bisa menyebar ke kuku sehingga akan menebal dan rapuh.  Kondisi ini biasanya disebut dengan tinea unguium atau jamur kuku. Maka sebaiknya segera terapkan cara mengobati kutu air di tangan yang tepat agar tidak menyebar.

Ketahui Penyebab Kutu Air di Area Tangan

Penyebab penyakit kutu air adalah infeksi jamur yang mudah menular, seperti Microsporum, Trichophyton dan Epidermophyton. Penyakit ini bisa saja menyebar ke area lain seperti paha, kaki dan bagian lainnya.  Berikut adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan  terkena kutu air di tangan:

  1. Tinggal di iklim panas dan lembab
  2. Tempat kontak kulit dengan penderita kutu air
  3. Berbagi penggunaan sarung tangan handuk ataupun pakaian dengan orang lain (biasanya jika sedang berkeringat akan mudah menular)
  4. Memiliki kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit tertentu seperti kanker atau HIV
  5. Bersentuhan terlalu sering dengan hewan ternak atau hewan peliharaan.
Baca Juga:  Cara Mengobati Mata Merah Sebelah yang Ampuh dan Aman Secara Alami

Cara Mengobati Kutu Air di Tangan dengan Obat yang Tepat

Berikut ini beberapa obat pilihan yang bisa digunakan sebagai cara mengobati kutu air di tangan dengan tepat:

Terbinafine

Zat ini bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur dan membunuhnya. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini. Meskipun dijual secara umum namun perlu berhati-hati penggunaannya dengan berkonsultasi agar pengobatan lebih efektif.

Clotrimazole

Gejala infeksi dapat diatasi dengan obat yang satu ini. Caranya dengan membunuh jamur yang menjadi penyebab infeksi. Jenis obat ini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari obat semprot hingga krim. Tentu saja akan lebih baik jika pengobatan ini dilakukan setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sesuai dengan kondisi Anda.

Miconazole

Obat ini dikenal sebagai salah satu yang cukup ampuh mengatasi infeksi jamur pada kuku tangan mulut ataupun vagina. Miconazole dapat menghentikan pertumbuhan jamur. Sebaiknya jaga kebersihan dan rajin mencuci tangan agar terhindar dari penyakit kulit. Cara mengobati kutu air di tangan bisa menjadi solusi yang tepat agar kulit kembali sehat tanpa rasa gatal. Jangan lupa untuk selalu menjaga agar tetap bersih dan juga hindari kontak langsung dengan hewan atau orang yang terinfeksi kutu air