Cara Mengobati Kutu Air Dengan Pasta Gigi Secara Mudah

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kutu air yang menganggu, termasuk dengan menggunakan pasta gigi. Cara mengobati kutu air dengan pasta gigi relatif cukup ampuh untuk mengatasi rasa perih dan gatal yang menyerang akibat kutu air membandel.

Kutu air biasanya muncul pada sela-sela jari kaki yang ditandai dengan adanya selaput berwarna putih dan rasa gatal pada area tersebut. Kutu air umumnya termasuk jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur dan biasa menyerang pada bagian tubuh yang sering kena air dan lembab.

Cara Mengobati Kutu Air Dengan Pasta Gigi

Selain cara-cara medis, kutu air juga bisa ditangani dengan menggunakan perawatan non-medis. Termasuk di dalamnya adalah menggunakan pasta gigi yang umum dijual di pasaran. Selain praktis, cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan dan bahkan harganya juga relatif cukup terjangkau.

Pada pasta gigi, umumnya memiliki beberapa kandungan bahan kimia seperti Sodium Flouride, Sodium Monofospat, dan juga tambahan ekstrak herbal. Beberapa kandungan bahan kimia tersebut dapat digunakan sebagai media untuk menahan perkembangan jamur penyebab terjadinya kutu air.

Baca Juga:  Cara Mengobati Luka Infeksi´┐╝

Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa cara mengobati kutu air dengan pasta gigi yang perlu Anda ketahui.

  • Bersihkan terlebih dahulu bagian yang terkena kutu air hingga bersih. Boleh menggunakan air biasa atau bisa juga menggunakan air hangat untuk membersihkannya.
  • Setelah itu, oleskan pasta gigi tipis-tipis pada bagian yang terkena kutu air. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal.
  • Selain mengoleskan pasta gigi, pastikan juga kalau Anda menjaga kebersihan kaki dan area tubuh yang terkena kutu air tersebut agar bisa segera berangsur-angsur sembuh.

Kutu air umumnya termasuk jenis penyakit yang tidak akan sembuh dalam waktu singkat. Maka dari itu, Anda harus konsisten dalam melakukan perawatan agar tidak kutu air tidak kambuh lagi.

Cara Mencegah Penyakit Kutu Air

Meski termasuk penyakit yang relatif umum menyerang siapa pun, namun sebenarnya kutu air bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit kutu air pada kulit.

Baca Juga:  Cara Mengobati Perut Kembung Secara Tradisional

1. Menjaga Higienitas Kaki

Bagian paling sering teserang kutu air adalah kaki karena sering lembab dan terkena air. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya kutu air maka Anda perlu menjaga kebersihan organ tubuh tersebut. Sebaiknya Anda sering mencuci kaki hingga bersih dan kemudian keringkan kaki dengan handuk bersih hingga benar-benar kering.

2. Pilih Sepatu Dengan Sirkulasi Udara yang Bagus

Tips berikutnya yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kutu air adalah dengan menggunakan sepatu yang mempunyai sirkulasi udara bagus. Dengan adanya sirkulasi udara pada alas kaki, akan membuat kaki terhindar dari kondisi lembab yang bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur.

3. Ganti Kaus Kaki Setiap Hari

Kalau Anda sering menggunakan sepatu dan kaus kaki, sebaiknya ganti kaus kaki secara rutin untuk menjaga kebersihan area kaki. Hindari memakai kaus kaki yang sama selama beberapa hari terlebih jika kaki Anda sering berkeringat.

Baca Juga:  Praktis, Berikut Cara Mengobati Kurap Dengan Garam Dan Bahan Alami Lainnya

Selain bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, kondisi ini juga akan memudahkan pertumbuhan dan perkembangan jamur. Akibatnya, Anda akan lebih rentan mengalami serangan kutu air  yang mengganggu kenyamanan.

Itulah ulasan mengenai cara mengobati kutu air dengan pasta gigi dan juga cara mencegah terjadinya kutu air. Jika kondisi kutu air yang dialami tidak segera reda meski sudah mendapatkan treatment yang lama, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut.