Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi dengan Bahan Alami

Kelenjar getah bening merupakan sebuah infeksi yang bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini sering disebut dengan limfadenopati di mana kondisinya membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi atau menggunakan bahan alami.

Pembengkakan yang terjadi bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, terdapat sel kanker, hingga kelainan pada sistem imun. Kondisi ini sering terjadi pada area ketiak, leher, hingga di bawah telinga. Kelenjar tersebut bisa mengalami pembengkakan dan teksturnya terasa lunak serta bisa digerakkan.

Cara yang akan dibahas saat ini merupakan cara untuk mengatasi gejala yang cukup ringan dan hanya sekedar pembengkakan yang tidak terlalu parah. Jika keluhannya cukup parah dan pembengkakan cukup besar maka Anda perlu menghubungi dokter. Beberapa bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi kelenjar getah bening tanpa operasi.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menerapkan Cara Mengobati Luka Lecet

1. Campuran Baking Soda dan Garam

Salah satu cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi bisa dengan menggunakan campuran baking soda dan garam. Campuran ini dapat membantu mengempiskan pembengkakan terutama pada kelenjar tersebut.

Cukup campurkan satu sendok teh baking soda dan garam ke dalam segelas air putih. Minum larutan tersebut 1 kali dalam 1 hari hingga pembengkakannya kempes. Jika sudah cukup lama Anda melakukan hal ini namun tidak ada kemajuan maka segeralah hubungi dokter.

2. Minyak Kelapa

Selanjutnya Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi pembengkakan akibat kelenjar getah bening. Anda tak perlu melakukan operasi karena minyak kelapa ini bisa menjadi alternatif. Kandungan anti radang, antibakteri serta anti-virus didalamnya dapat membantu proses penyembuhan dari pembengkakan ini.

Sebelumnya Anda bisa menghangatkan minyak kelapa tersebut dan dan memijit area tubuh yang terkena kelenjar dengan lembut menggunakan minyak tersebut. Cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi ini harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak menimbulkan rasa sakit pada area yang membengkak.

Baca Juga:  5 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Paling Ampuh

3. Bawang Putih

Bahan berikutnya yang cukup efektif digunakan untuk mengatasi kelenjar getah bening ialah bawang putih. Namun untuk mengaplikasikan bahan ini Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan pada setiap masakan. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi 2 siung bawang putih mentah setiap hari.

Untuk melengkapi pengobatan dengan bahan ini Anda juga bisa menggunakan minyak yang terbuat dari bawang putih untuk mengoleskan pada bagian tubuh yang bengkak. Hal ini bisa dilakukan untuk pengobatan yang cukup lengkap dari dalam dan dari luar tubuh. jika ingin lebih efektif lagi Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi suplemen bawang putih.

4. Cuka Apel

Cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi berikutnya bisa dengan menggunakan cuka apel. Bahan ini dipercaya dapat meredakan infeksi yang ada dalam tubuh manusia. Anda bisa mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan madu ke dalam segelas air.

Baca Juga:  Inilah Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat

Campuran tersebut bisa diminum 2 kali dalam sehari pada saat sarapan dan juga sebelum tidur. Lakukan hal ini hingga pembengkakan kelenjar getah bening terus berkurang bahkan menghilang. Pilihan lainnya Anda juga bisa mencampurkan cuka apel dan air hangat dan mengompres bagian tubuh yang bengkak selama 5 menit sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi yang bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami. Selama keluhannya belum begitu parah dan pembengkakan yang terjadi tidak terlalu membesar hal tersebut bisa Anda lakukan. Namun jika sudah mengalami gejala yang cukup parah maka segera konsultasikan dengan dokter.