Cara Mengobati Karang Gigi Secara Alami

Cara mengobati karang gigi secara alami tentunya menjadi pilihan terbaik di tengah pandemi saat ini. Di mana semua orang banyak yang merasa enggan untuk pergi ke tempat umum, terlebih ke dokter gigi untuk melakukan perawatan.

Alhasil, tidak sedikit orang yang mulai beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati sakit apapun. Termasuk salah satunya adalah karang gigi, yaitu lapisan yang seperti kotoran dan mengeras di gigi yang sulit dibersihkan meskipun disikat berulang kali.

Penyebab karang gigi adalah plak gigi yang berupa lapisan licin dan tipis. Plak ini terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi. Jika tidak ditangani maka plak akan mengeras dan membentuk karang gigi. Kemudian bagaimana cara menghilangkannya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Berikut ini Beberapa Cara Mengobati Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi bisa terjadi pada siapa saja. Namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena karang gigi, seperti perokok, jarang membersihkan gigi, tidak menggunakan obat kumur antibakteri.

Baca Juga:  Simak Cara Mengobati Mata Bengkak

Mereka yang kerap mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, juga bisa memiliki karang gigi. Begitu juga bila kerap mengonsumsi obat-obatan seperti antihistamin atau dekongestan. Lantas, bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi?

Soda Kue adalah Cara Mengobati Karang Gigi Secara Alami

Cara mengobati karang gigi secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue atau baking soda dianggap cara yang paling aman untuk menghilangkan karang gigi tanpa menimbulkan kerusajan pada email gigi.

Proses kimia yang menghilangkan kalsium dari email gigi juga bisa diatasi dengan soda kue. Hal ini dikarenakan soda kue mengandung pH yang tinggi. Sehingga bisa membantu menyeimbankan pH di dalam mulut.

Cara yang perlu Anda lakukan adalah dengan membubuhkan soda kue yang sudah dibuat pasta  pada sikat gigi. Kemudian sikat gigi seperti biasa dan biarkan selama 15 menit, baru kemudian berkumur dengan air bersih.

Baca Juga:  Ketahui, Ini Cara Mengobati Kutil Kelamin dengan Alami

Cuka Putih

Cara mengobati karang gigi secara alami yang kedua adalah dengan menggunakan cuka putih. Penyebabnya karena cuka ini merupakan asam asetat yang efektif membunuh bakteri di dalam mulut. Selain itu, cuka putih juga bisa mencegah timbulnya infeksi.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur dua sendok makan cuka putih dengan setengah cangkir air hangat. Kemudian tambahkan satu sendok garam dan aduk rata. Kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut secara teratur.

Untuk menghilangkan karang gigi yang terdapat di sela gigi dan gusi, maka Anda bisa berkumur setiap hari satu kali saja. Tidak hanya menghilangkan plak dan karang gigi, campuran ini juga bisa mencegah kerusakan enamel gigi.

Minyak Kelapa

Pilihan berikutnya untuk menghilangkan karang gigi dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya adalah dengan menghangatkan satu sendok makan minyak kelapa. Kemudian berkumurlah selama 5 hingga 10 menit.

Baca Juga:  Praktis, Berikut Cara Mengobati Kurap Dengan Garam Dan Bahan Alami Lainnya

Selanjutnya ludahkan minyak tadi ke handuk kertas atau tempat sampah. Jangan membuang ke saluran air karena bisa menyumbat pipa. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa memilih minyak zaitun, minyak almond atau minyak wijen.

Menggunakan minyak kelapa untuk melindungi gigi ini termasuk ideal. Karena bisa juga membantu meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri. Hal ini dikarenakan minyak kelapa bersifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Nah, itu dia cara mengobati karang gigi secara alami yang bisa Anda coba. Masih banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan alternatif, seperti daun jambu biji, lidah buaya, biji wijen, bubuk cengkeh, dan masih banyak lagi. Bagaimana menurut Anda, tertarik untuk mencobanya?