Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Bagaimana seharusnya cara mengobati infeksi saluran kencing, bisakah dengan cara alami? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak hingga habis artikel kali ini.

Wanita berisiko lebih besar terkena ISK atau Infeksi Sakuran Kemih dibandingkan dengan pria. Dan ini bisa terjadi di bagian sistitis atau kandung kemih, uretritis atau uretra, atau pada ginjal (infeksi ginjal). Penyebabnya adalah bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra.

Adapun gejala ISK ini salah satunya adalah keinginan untuk selalu buang air kecil. Kemudian saat berkemih, rasanya panas seperti terbakar. Sementara urine yang keluar jumlahnya sedikit, bahkan terasa tidak tuntas.

Tidak jarang urine berwarna merah atau merah muda. Hal tersebut menandakan adanya pendarahan pada saluran kemih. Selain itu, bau urine pun tidak biasa dan pada wanita akan terasa sakit di bagian panggul, terutama di bagian tengah panggul dan di sekitar tulang pubis.

Baca Juga:  Ketahui, Ini Cara Mengobati Kutil Kelamin dengan Alami

Begini Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Cara mengobati infeksi saluran kemih bisa dilakukan dengan cara yang alami. Namun jika tidak sembuh dalam beberapa hari dan cenderung memburuk, maka sebaiknya segera menghubungi dokter. Karena pada dasarnya untuk membunuh bakteri maka dibutuhkan antibiotik yang telah diresepkan.

Penanganan infeksi saluran kemih harus tuntas, jika tidak maka bakteri rentan mengingfeksi lagi. Bahkan serangannya bisa saja lebih menguat, sehingga terjadi resistensi antibiotik. Jika serangan ini terjadi setidaknya tiga kali atau lebih dalam setahun, maka sebaiknya rencanakan perawatan khusus.

Di mana dokter biasanya akan memberikan antibiotik dengan dosis rendah terlebih dahulu. Yang biasanya akan digunakan untuk membantu mencegah infeksi berulang dalam periode yang lama. Kemudian pemberian dosis tunggal antibiotik setelah berhubungan intim.

Berikutnya dokter juga akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi antibiotik, setidaknya 1 hingga 2 hari, setiap gejala dirasakan. Kemudian bagaimana dengan pengobatan alami, apa saja yang bisa digunakan, simak, yuk!

Baca Juga:  Begini Cara Mengobati Kulit Kering Secara Alami

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih dengan Air Putih

Cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami yang pertama adalah dengan minum air putih. Benar adanya bahwa minum 8 hingga 10 gelas setiap hari, bisa membantu menghilangkan bakteri, melalui keluarnya urine.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan air putih ini akan berbeda pada masing-masing orang. Termasuk bila Anda mengidap batu ginjal. Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter, berapa jumlah air putih yang sebaiknya bagi Anda.

Hindari mengonsumi minuman berwarna dan mengandung kafein karena, bisa memperparah ISK. Begitu juga dengan alkohol, minuman manis, jus jeruk, jus lemon, begitu juga dengan jus anggur dan jeruk nipis.

 Buah dengan Vitamin C

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C juga masuk sebagai cara mengobati infeksi saluran kencing. Buah-buahan yang disarankan adalah seperti buah berwarna hijau. Dengan mengonsumsi vitamin C, bisa membantu menurunkan pH urine.

Baca Juga:  Simak Cara Mengobati Alergi dengan Bahan-bahan Alami

Untuk wanita, setidaknya membutuhkan vitamin C sebanyak 75 mg setiap harinya. Sementara pria membutuhkan lebih banyak lagi, yaitu 90 mg per hari. Dengan vitamin C, kemungkinan hidup bakteri semakin kecil, sehingga Anda bisa terhindar dari penyebab ISK.

Asparagus

Kandungan aktif di dalam asparagus berfungsi sebagai anti bakteri, yang bisa melawan bakteri penyebab ISK. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pun, asparagus bisa membantu Anda. Sehingga asparagus bisa menjadi obat alami yang cukup baik.

Itu dia beberapa cara mengobati infeksi saluran kemih. Infeksi ini sebaiknya diwaspadai betul bila terjadi pada wanita hamil. Begitu juga dengan wanita menopause yang rentan terkena ISK. Semoga bermanfaat.