Cara Mengatasi Anyang-Anyangan di dengan Efektif dan Aman

Anyang-anyangan merupakan salah satu gangguan pada saluran kencing yang dirasakan pada saat buang air kecil. Saat sedang buang air kecil maupun setelahnya Anda bisa saja merasakan nyeri pada bagian kemaluan. Cara mengatasi anyang-anyangan pada dasarnya cukup mudah dan bisa dilakukan saat sudah mengalami gejalanya. 

Gangguan ini merupakan salah satu gejala adanya kelainan pada saluran kemih dan sekitarnya. Bisa saja terdapat infeksi kandung kemih maupun salurannya, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit menular seksual. Kasus pada wanita gangguan ini bisa disebabkan oleh penyakit diabetes pada tubuhnya.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kemungkinan terbesar adanya keluhan nyeri pada saat buang air kecil maupun sesudahnya ialah adanya infeksi saluran kemih. Jika gejalanya terbilang cukup parah maka untuk mengatasinya Anda perlu menghubungi dokter. Sementara itu, jika gejalanya masih ringan maka Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan cara yang aman.

Baca Juga:  Harus Tahu! Inilah 5 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami Di Rumah

Beberapa hal berikut bisa Anda lakukan jika Anda mengalami anyang-anyangan dan dan cara ini bisa Anda lakukan di rumah.

1. Tidak Menahan Buang Air Kecil

Jika pada bagian saluran kemih sudah terasa nyeri maka cara mengatasi anyang-anyangan tersebut ialah dengan tidak menahan buang air kecil. Meskipun sudah terasa sakit Anda tidak disarankan untuk menahan buang air kecil karena akan membuat bakteri terus berkembang.

Pastikan Anda tetap buang air kecil agar bakteri pada saluran kemih bisa dikeluarkan melalui urine. Selain itu, keluhan dari anyang-anyangan ini bisa terus berkurang sehingga tidak memperparah rasa sakit yang ditimbulkan. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai pencegahan agar tidak terjadi infeksi saluran kemih yang menimbulkan anyang-anyangan.

2. Kompres Hangat

Cara mengatasi anyang-anyangan berikutnya ialah dengan melakukan kompres hangat dengan menggunakan handuk yang direndam air hangat. Keluhan yang dirasakan bisa lebih ringan dengan mengompres nya selama 15 menit sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Baca Juga:  Cara Mengobati Gigi Ngilu

Lakukan hal ini hingga keluhannya terus membaik bahkan menjadi hilang. Anda juga bisa melengkapi dengan beberapa cara lain yang bisa membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Untuk mengompresnya Anda tetap harus memperhatikan kebersihan handuk dan area di sekitar saluran kemih agar hasilnya lebih efektif.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih menjadi salah satu bahan yang selalu bisa membantu penyembuhan infeksi saluran kemih dan gejalanya termasuk anyang-anyangan. Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Anda bisa lebih sering buang air kecil sehingga bakteri yang ada di dalam saluran kemih bisa terbuang.

Cara mengatasi anyang-anyangan dengan air putih dapat dikatakan sebagai cara yang paling mudah dan sederhana namun hasilnya sangat efektif. Semakin banyak urine yang dikeluarkan maka semakin banyak bakteri yang ikut terbuang. Tentu bakteri penyebab infeksi dan anyang-anyangan bisa dikeluarkan sehingga rasa sakitnya berkurang.

Baca Juga:  4 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional yang Efektif dan Aman

4. Mengenakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Sebaiknya Anda menghindari penggunaan skinny jeans atau jenis celana yang sangat ketat. Hal ini bisa menyebabkan area kemaluan menjadi lebih lembab dan hangat sehingga bakteri lebih cepat tumbuh. Anda bisa mengenakan rok atau celana yang longgar sehingga lebih nyaman digunakan. Selain itu, gunakan celana dalam yang menyerap keringat dengan baik.

Itulah beberapa cara mengatasi anyang-anyangan yang bisa dilakukan di rumah. Intinya menjaga pola hidup yang lebih sehat dan bersih serta tidak menahan buang air kecil bisa menjadi solusi yang tepat untuk gangguan ini. Hal ini berlaku bagi pria maupun wanita sehingga bisa hidup dengan lebih sehat.