Mudah, Ini Cara Membuat Desinfektan Alami di Rumah

Penyebaran virus Omicron sepertinya sudah mulai meningkat dan ini saatnya kita semua kembali memperketat protokol kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan desinfektan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Cara membuat desinfektan alami ini pun cukup mudah.

Umumnya desinfektan dibuat dari bahan kimia yang dibuat untuk menghancurkan atau mengurangi pertumbuhan mikroorganisme patogen atau parasit. Pengaplikasian desinfektan ini hanya berlaku pada mati.

Cara Membuat Desinfektan Alami dengan Bahan-Bahan Ini

Kemudian bagaimana dengan desinfektan yang dibuat dari bahan alami. Bisakah digunakan untuk mengurangi atau membunuh mikroorganisme?

Desinfektan alami ternyata cukup efektif bekerja sebagai antivirus dan antibakteri. Dan tentunya cenderung lebih aman untuk pernapasan. Seperti kita ketahui, bahwa desinfektan yang terbuat dari bahan kimia memiliki bau yang cukup menyengat.

Ini salah satu alasan mengapa Anda bisa mencoba menggunakan desinfektan alami. Bahkan beberapa bahan bisa dipilih dari bahan yang Anda sukai. Kemudian bagaimana cara membuat desinfektan alami ini, berikut penjelasannya.

Baca Juga:  Inilah Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

Jus Jeruk Lemon adalah Cara Membuat Desinfektan Alami

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat desinfektan salah satunya adalah jeruk lemon. Jus dari buah lemon ini memiliki sifat antimikroba. Meskipun tidak cukup kuat untuk diklasifikasikan sebagai desinfektan, namun jus ini bisa memberikan sejumlah manfaat.

Di mana Anda bisa membersihkan permukaan keras menjadi kinclong. Begitu juga dengan keran air hingga panci, bisa dibersihkan dengan cairan ini dan tentu saja memiliki aroma yang segar.

Untuk membuatnya, Anda cukup memotong lemon menjadi dua bagian. Kemudian gunakan pada seperti scrubber. Anda juga bisa menambahkan cuka ke dalamnya kemudian disimpan ke dalam semprotan.

Cuka Putih

Cara membuat desinfektan alami yang kedua dengan menggunakan cuka putih. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurnya dengan air dan beberapa tetes minyak esensial.

Baca Juga:  3 Cara Mengobati Pusing Kepala yang Ampuh Membuat Tubuh Kembali Segar

Untuk takarannya sendiri, cukup dengan setengah gelas cuka putih, ditambah dengan setengah gelas air bersih. Kemudian tambahkan sekitar 12 hingga 24 tetes minyak esensial. Saran terbaik untuk minyak esensial ini, seperti cengkeh, kayu manis atau kayu putih.

Setelah semua bahan dicampur ke dalam botol penyemprot, Anda hanya tinggal perlu mengocoknya saja. Selain bisa digunakan sebagai desinfektan, campuran cuka ini bisa juga digunakan sebagai bahan untuk membersihkan tempat kotor.

Hidrogen Peroksida

Pilihan bahan lainnya yang bisa dijadikan desinfektan adalah hidrogen peroksida. Meskipun namanya terkesan ilmiah, namun senyawa ini sebetulnya hanya berbahan dasar air dengan molekul okesigen ekstra.

Bisa digunakan untuk mengobati luka kecil. Hidrogen peroksidan ini juga bisa menghancurkan jamur, bakteri dan virus. Selain itu, cairan ini juga bisa digunakan sebagai penghilang noda bahkan mengangkat warna, layaknya pemutih pakaian.

Baca Juga:  Harus Tahu! Inilah 5 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami Di Rumah

Minyak Esensial

Minyak esensial, seperti lavender, peppermint atau yang lainnya, memiliki sifat antibakteri. Bahkan terdapat bukti minyak esensial lavender bisa membunuh jenis bakteri yang kebal antibiotik seperti MRSA.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan minyak lavender dan air. Kemudian masukkan ke dalam botol semprotan atau wadah spray lainnya. Sementara jika menggunakan minyak teh, bisa juga dimanfaatkan sebagai pembersih rumah.

Uap Air Panas

Alternatif lainnya untuk desinfektan alami adalah uap dari air panas. Uap ini bisa dijadikan desinfektan apabila suhunya berada di atas 100 derajat celsius. Bahkan dipercaya bisa membunuh hingg 99 persen seperti bakteri E.coli, Salmonella, juga tungau.

Itu dia cara membuat desinfektan alami yang bisa Anda coba di rumah. Bagaimana menurut Anda, mudah bukan?