Begini Cara Mengobati Kulit Kering Secara Alami

Banyak hal yang menyebabkan kulit menjadi kering, namun Anda tidak usah khawatir karena banyak cara mengobati kulit kering. Bahkan di antaranya bisa menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga kulit kusam tidak lagi mudah kembali dan kulit Anda menjadi lebih sehat.

Kulit paling atas (epidermis) kerap mengalami masalah kulit kering karena memang, tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Sehingga akhirnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, bahkan pecah-pecah. Kondisi tersebut disebut juga xerosis dan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja.

Xerosis bisa dialami siapa saja namun yang lebih rentan adalah orang dengan usia lanjut. Penyebabnya karena sudah mengalami penurunan produksi sebum, yaitu minyak alami yang fungsinya adalah sebagai pelumas kulit.

Banyak penyebab mengapa kulit menjadi kering dan terlihat sangat tidak sehat. Di antaranya adalah cuaca dingin atau kering dan panas, kerap terkena paparan sinar matahari, hingga kebiasaan mandi air hangat terlalu lama.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Bye Bye Fever

Penggunaan sabun atau detergen yang keras juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hingga Anda yang masih kurang cairan karena tidak minum air setidaknya delapan gelas per hari, bisa membuat kulit dehidrasi.

Cara Mengobati Kulit Kering dengan Bahan-Bahan Alami

Masalah kulit kering memang bisa dialami siapa saja, terutama untuk Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun. Tinggal di daerah yang kelembapan udaranya rendah atau memiliki pekerjaan yang mengharuskan bersentuhan dengan air setiap saat.

Mereka yang kerap berenang di kolam yang mengandung klorin juga cenderung mudah mengalami kulit kering. Lantas, bagaimana sebaiknya mengobati kulit kering ini? Berikut ini adalah tipsnya.

Minyak zaitun adalah cara mengobati kulit kering secara alami

Cara mengobati kulit kering yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Selain bisa berfungsi sebagai pelembab alami, minyak zaitun juga bisa menjadi pembersih. Kandungan minyak zaitun di antaranya adalah asam lemak dan antioksidan.

Baca Juga:  Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Biar Tidak Kambuh Lagi

Untuk mengatasi kulit kering, maka Anda cukup mengaplikasikannya sedikit saja. Setelah itu, Anda bisa menggunakan pelembap seperti biasa. Jika kulit kering ada di area tubuh lain, maka waktu yang tepat untuk mengaplikasikannya adalah 30 menit sebelum mandi.

Lidah buaya

Bahan alami yang kedua dan direkomendasikan untuk mengobati kulit kering adalah lidah buaya. Kandungan di dalam lidah buaya bisa membantu melembutkan serta memperbaiki tekstur kulit.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu keruk bagian daging lidah buaya kemudian oleskan di kulit yang kering. Tunggu beberapa saat hingga mengering dan bilas dengan air hangat namun, jika kulit terasa gatal dan tidak nyaman, segera hentikan pemakaiannya.

Madu

Cara mengobati kulit kering yang ketiga adalah dengan menggunakan madu. Efek antiradang, antioksidan dan juga antimikroba yang terkandung di dalam madu, bisa menyembuhkan dan melembapkan kulit kering.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Anyang-Anyangan di dengan Efektif dan Aman

Kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah dari madulah yang membuat banyak orang lebih memilih madu untuk mengatasi kulit kering. Cara menggunakannya sebaiknya sebelum mandi. Oleskan ke wajah atau tubuh dan biarkan setidaknya 5 hingga 10 menit kemudian bilas.

Agar kulit terus lembap, maka Anda bisa mengulangi cara ini secara rutin. Tidak hanya dioleskan, Anda juga bisa mengonsumsinya untuk pengobatan dari dalam.

Sementara bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering yang sudah terlalu berat, sepertinya dokter kulit adalah plihan terbaik. Terlebih bila kulit sudah mengalami luka yang cukup serius dan menggunakan bahan alami akan cenderung memperburuk masalah.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang bisa dijadikan solusi sebagai cara mengobati kulit kering. Pastikan Anda juga memerhatikan asupan makanan dan minuman sehat agar kulit tidak mudah kering dan kusam. Jangan lupa untuk menambahkan pelembab untuk melindunginya.