5 Perbedaan Minecraft Pocket Edition dan Java Edition

Minecraft saat ini hadir dalam dua versi: Minecraft Java Edition dan Minecraft Bedrock Edition. Minecraft Pocket Edition adalah nama baru yang sebelumnya bernama Bedrock Edition. Alasan utama Minecraft memiliki dua edisi terpisah adalah untuk membuatnya tersedia untuk pemain di semua platform. Simak 5 perbedaannya berikut.

Bahasa Pemrograman

minecraft_coded

Minecraft Java dan Minecraft Pocket Edition (Bedrock) ditulis dalam bahasa pemrograman yang sama sekali berbeda. Minecraft Java Edition dikodekan dalam bahasa pemrograman Java, yang merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek tingkat tinggi, dan berbasis class.

Sedangkan Minecraft Bedrock Edition (Pocket) dikodekan dalam C++, yang merupakan bahasa pemrograman multi purpose. Bahasa C++ tidak dapat beerjalan pada platform yang tidak dapat mendukung Java.

Harga

Minecraft Java Edition saat ini berharga 286 ribu rupiah. Harga edisi Minecraft Bedrock berbeda-beda tergantung pada jenis konsol yang anda gunakan. Bedrock Edition untuk Windows 10 adalah 430 ribu rupiah, untuk perangkat ponsel 100 ribu rupiah, untuk Xbox 286 ribu rupiah. Harga rata-rata sekitar 286 ribu rupiah di sebagian besar platform Bedrock.

Baca Juga:  Game RPG Android Yang Bisa Menikah

Perlu diingat, sekarang anda tidak dapat membeli Minecraft Bedrock untuk Xbox One, Xbox 360, PS4, PS3 and PS Vita.

Multi Platform

minecraft

Untuk pemain dengan Minecraft Java Edition, mereka hanya diperbolehkan bermain dengan pengguna lain yang memiliki Java Edition. Java Edition tersedia untuk pemain yang menggunakan Windows, MacOS, dan Linux.

Untuk Minecraft Pocket Edition (Bedrock), pemain dapat bermain dengan orang lain di konsol, ponsel, dan PC, selama mereka juga menggunakan edisi yang sama. Di satu sisi, edisi Minecraft Bedrock hanya optimal untuk pemain yang ingin bermain di konsol, daripada tetap menggunakan PC.

Spectator Mode

Spectator mode (mode penonton) adalah fitur mode permainan yang eksklusif hanya untuk Minecraft Java Edition. Fitur ini hanya dapat digunakan di Pocket Edition melalui add-ons, sedangkan di Java Edition, tidak diperlukan modifikasi untuk menggunakan mode penonton.

Baca Juga:  Download Higgs Domino 1.53 X8 Speeder

Redstone Berbeda

Minecraft Java Edition bisa dibilang lebih baik daripada Pocket Edition dalam hal rekayasa redstone. Pemain yang beralih dari Java Edition ke Pocket Edition atau sebaliknya akan mengalami perbedaan besar dalam hal cara kerja redstone. Perilaku blok, ladang, dan sirkuit redstone tidak bekerja dengan cara yang sama pada edisi pocket dan edisi java.