5 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Paling Ampuh

Gigi dan mulut adalah bagian penting dalam sistem pencernaan manusia sehingga membutuhkan perawatan yang baik setiap harinya. Namun terkadang terjadi radang atau infeksi yang menyebabkan gusi menjadi bengkak dengan disertai rasa nyeri. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri agar tidak kambuh lagi.

Secara umum, ada cukup banyak penyebab gusi menjadi bengkak dan terasa nyeri. Mulai dari cara menyikat gigi yang salah atau terlalu keras, karang gigi yang menumpuk, bahkan bisa juga diakibatkan oleh penggunaan kawat gigi yang kurang tepat.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Yang Ampuh

Bagi Anda yang sedang mengalami kondisi gusi bengkak dan disertai nyeri, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri : Menggunakan Air Lemon

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab mengapa gusi bisa membengkak adalah karena adanya infeksi akibat gigi yang berlubang. Lubang pada gigi umumnya akan mengandung cukup banyak bakteri yang bisa memicu terjadinya infeksi dan pembengkakan pada gusi.

Baca Juga:  Inilah Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

Maka dari itu, untuk mengatasi bakteri pada gigi berlubang Anda bisa mencoba berkumur dengna menggunakan air lemon. Kandungan asam yang ada di cairan lemon bisa digunakan untuk membasmi bakteri penyebab penyakit dan infeksi.

Anda bisa menggunakan perasan air lemon yang dicampur dengan air hangat untuk berkumur. Sebaiknya lakukan selama 3 kali sehari agar proses pembersihan bakteri bisa berjalan secara optimal.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak disertai nyeri adalah berkumur menggunakan air garam. Air garam termasuk salah satu media yang cukup ampuh untuk membantu mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri di mulut penyebab infeksi pada gusi.

Untuk memberikan hasil yang optimal, Anda bisa berkumur menggunakan air garam setidaknya dua kali sehari. Berkumur secara teratur bisa membersihkan bakteri di mulut dan juga mengurangi potensi terjadinya pembengkakan pada gusi akibat infeksi bakteri.

Baca Juga:  Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

3. Kompres Menggunakan Air Hangat

Cara mengobati gusi bengkak secara alami yang berikutnya adalah kompres menggunakan air hangat. Mengompres bagian gusi yang bengkak menggunakan air hangat bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gusi tersebut.

Anda bisa melakukan pengompresan ini secara teratur untuk mengurangi terjadinya nyeri dan inflamasi pada gusi. Namun usahakan  tidak menekan bagian gusi terlalu keras ketika melakukan pengompresan.

4. Menggunakan Bawang Putih

Campuran bawang putih dan garam juga bisa menjadi cara terbaik untuk meredakan nyeri pada gusi yang bengkak. Kandungan antiseptik pada bawang putih dan garam bisa digunakan untuk membasmi bakteri dan meredakan gusi yang bengkak.

Anda cukup menumbuk campuran 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam hingga halus. Kemudian tempelkan pada bagian gusi yang bengkak dan nyeri tersebut.

5. Kunjungi Dokter Jika Kondisi Masih Belum Reda

Meski terkesan sepele dan bisa diatasi secara alami, namun ada baiknya Anda tidak menganggap enteng masalah gusi bengkak dan nyeri. Kalau kondisi gusi bengkak dan nyeri tersebut sudah dirasa terlalu parah hingga mengganggu aktivitas seperti makan, minum, dan istirahat, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi dan mulut.

Baca Juga:  Ketahui, Ini Cara Mengobati Kutil Kelamin dengan Alami

Nantinya Anda akan mendapatkan pengecekan dan penanganan secara maksimal. Termasuk kemungkinan pemberian obat dan antibiotik untuk treatment kondisi pembengkakan gusi tersebut.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri paling ampuh yang bisa Anda coba di rumah. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi kalau sedang mengalami pembengkakan gusi.