3 Cara Mengobati Gigi Berlubang Untuk Mencegah Kerusakan Lebih Besar

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali menunjukkan gejala gangguan kesehatan cukup rutin. Ada beberapa gangguan yang sering menghantui salah satunya adalah gigi berlubang. Cara mengobati gigi berlubang terus menjadi informasi yang dicari oleh berbagai kalangan.

Gangguan kesehatan ini sering dialami oleh berbagai kalangan masyarakat dari berbagai range usia mulai dari anak-anak hingga paruh baya. Ada berbagai hal yang sering menjadi penyebab gigi berlubang diantaranya adalah pola makan yang tidak sehat serta kebersihan gigi yang tidak dijaga dengan baik.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Bisa Dilakukan

Masalah gigi berlubang memang cukup sering dialami oleh berbagai kalangan. Beberapa kalangan bahkan sudah menganggap penyakit ini sebagai penyakit harian yang tidak perlu dikhawatirkan. Beberapa kalangan lain bahkan terkesan membiarkan penyakit ini tanpa pengobatan yang benar karena menilai penyakit ini tidak berbahaya.

Namun sayangnya gangguan kesehatan ini harus segera diobati karena bisa menimbulkan masalah yang lebih parah seperti abses gigi hingga komplikasi pada gigi. Maka dari itu sangat penting untuk menemukan cara mengobati gigi berlubang yang tepat. Ada beberapa alternatif pengobatan yang bisa dipilih untuk mengobati penyakit ini diantaranya :

Baca Juga:  Begini Cara Mengobati Anak Kucing Mencret Secara Alami

Memanfaatkan Kandungan Cengkeh

Cara pertama yang bisa dilakukan sebagai alternatif untuk mengobati gigi berlubang adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh dikenal memiliki kandungan eugenol yang bisa meredakan sakit serta memiliki kandungan senyawa lain yang bisa membunuh kuman dengan maksimal.

Dengan adanya kedua kandungan ini, gejala gigi berlubang bisa diobati dengan maksimal. Anda bisa menggigit cengkeh menggunakan bagian gigi yang berlubang dan sakit, atau menggunakan minyak cengkeh yang dibalurkan pada kapas kemudian disimpan pada bagian gigi yang sakit.

Namun Anda perlu mengetahui bahwa cengkeh akan menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit tenggorokan jika minyak tertelan, serta iritasi atau pendarahan jika penggunaan cengkeh tidak benar. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli jika merasa khawatir terhadap efek samping yang ada.

Menambal Gigi

Cara mengobati gigi berlubang lainnya adalah dengan menambal gigi di dokter spesialis gigi. Cara ini dinilai menjadi cara paling aman untuk mengatasi masalah gigi berlubang meski harus mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Mengobati Kutil Kelamin dengan Bawang Putih dan Bahan Rumahan Lainnya

Dengan menggunakan cara ini, bagian gigi yang berlubang akan ditutup menggunakan bahan tertentu seperti amalgam sehingga lubang pada gigi tidak akan terasa sakit. Namun tentu Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi untuk mengetahui apakah masalah gigi berlubang Anda masih bisa ditangani dengan cara ini atau tidak.

Menambahkan Fluoride Pada Gigi

Menambahkan fluoride pada gigi bisa menjadi cara mengatasi gigi berlubang yang cukup efektif terutama jika lubang pada gigi belum terlalu besar. Fluoride akan memulihkan enamel gigi sehingga lubang pada gigi bisa menutup sendiri. Namun penanganan ini biasanya hanya akan bekerja efektif jika lubang pada gigi belum terlalu besar.

Masyarakat juga cenderung sudah akrab dengan penangan ini karena kandungan fluoride sudah banyak terdapat pada pasta gigi dan obat kumur. Menggunakan produk-produk dengan kandungan fluoride dinilai bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah gigi berlubang sejak awal.

Baca Juga:  Tak Perlu Mahal, Berikut Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami!

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah gigi berlubang dengan mudah agar gigi berlubang tidak semakin parah dan menimbulkan penyakit lainnya. Dengan mengetahui cara mengobati gigi berlubang, Anda bisa mengatasi masalah gigi Anda dengan maksimal. Namun tentu akan lebih baik jika Anda mencegah penyakit ini dengan menjaga pola makan dan menjaga kebersihan gigi. Dengan langkah pencegahan dan pengobatan yang benar, kesehatan gigi Anda akan terjaga dengan maksimal.