Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menerapkan Cara Mengobati Luka Lecet

Luka lecet sering menjadi salah satu gangguan kesehatan yang cukup menjengkelkan mesti luka lecet terlihat ringan namun luka lecet ini sering menimbulkan beberapa efek samping seperti perih pada bagian tubuh tertentu. Inilah yang menyebabkan berbagai kalangan mempelajari cara mengobati luka lecet yang baik.

Luka lecet sendiri bisa di sebabkan oleh beberapa hal mulai dari terjatuh dan terbentur benda yang permukaannya tidak rata sehingga gesekan antar bagian tubuh. Jika lecet ini tidak segera diobati maka kulit yang lecet bisa terinfeksi dan akhirnya menyebabkan kondisi luka yang lebih parah hingga meninggalkan bekas luka.

Untuk mengobati luka lecet, pada dasarnya cara yang bisa dilakukan cukup mudah di antaranya:

Bersihkan Luka Lecet

Langkah pertama yang harus dilakukan saat Anda mengalami lecet pada beberapa bagian kulit tubuh adalah membersihkan luka lecet tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran yang menempel pada luka tersebut bisa hilang sehingga tidak menimbulkan infeksi.

Baca Juga:  4 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional yang Efektif dan Aman

Anda bisa membersihkan luka tersebut menggunakan air mengalir atau ditambah dengan sabun bertekstur lembut seperti sabun bayi. Salah satu kesalahan yang dilakukan berbagai kalangan saat membersihkan luka adalah membersihkannya menggunakan cairan alkohol. Membersihkan luka dengan cairan alkohol bisa membuat luka lecet Anda terasa lebih perih.

Oleskan Obat Antiseptik

Setelah luka Anda dibersihkan langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengoleskan obat antiseptik pada luka tersebut. Anda bisa mengoleskan obat antiseptik dalam bentuk salep maupun cairan antiseptik.

Obat antiseptik ini memiliki manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta menjaga agar luka tersebut tidak mengalami infeksi. Setelah mengoleskan obat antiseptik, Anda bisa menunggu obat tersebut kering kemudian menutup luka lecet dengan kasa steril agar luka tidak terinfeksi.

Meminum Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati luka lecet lainnya yang bisa dilakukan setelah mengoleskan obat antiseptik adalah meminum obat anti nyeri. Luka lecet seringkali terasa perih dan memicu penderitanya untuk menggaruk atau memegang luka tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengobati Luka Lambung Dengan Madu

Jika luka lecet terlalu sering digaruk atau dipegang maka lupa tersebut akan sulit mengering dan sulit sembuh. Inilah yang menyebabkan penderita harus mengonsumsi obat anti nyeri. Obat anti nyeri ini akan membantu tubuh untuk menyembuhkan luka lecet pada kulit lebih cepat. Obat anti nyeri ini juga berperan sebagai anti radang yang bisa mencegah luka lebih parah.

Itulah beberapa langkah mengobati luka lecet yang bisa Anda lakukan agar luka lecet tersebut bisa cepat sembuh tanpa menimbulkan infeksi. Selain menjalankan langkah-langkah di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal saat akan mengobati luka lecet diantaranya:

  • Cuci tangan dan pastikan tangan bersih sebelum mengobati luka
  • Hindari kontak kulit dengan penyebab luka lecet
  • Periksakan ke dokter jika luka membesar atau tidak kunjung sembuh
  • Lakukan perawatan berkala setelah mengobati luka lecet
Baca Juga:  Cara Mengobati Infeksi Rahim Dengan Kunyit

Dengan memperhatikan beberapa hal diatas maka Anda bisa memastikan luka lecet pada bagian tubuh Anda bisa sembuh tanpa meninggalkan bekas luka. Jika Anda tidak mengobati luka lecet Anda dengan benar maka luka lecet tersebut bisa berpotensi mengalami infeksi sehingga sulit untuk disembuhkan.

Infeksi pada luka lecet tersebut juga bisa membuat luka semakin parah hingga menimbulkan beberapa masalah lain seperti luka yang bernanah. Semakin parah luka lecet tersebut maka akan semakin sulit proses pengobatan yang harus dilakukan.

Cara mengobati luka lecet sebenarnya tidak terlalu sulit sama namun Anda harus memperhatikan hal-hal seperti kebersihan tangan dan alat kesehatan yang digunakan saat mengobati luka tersebut. Ketelitian dalam mengobati luka bisa membuat kulit Anda tetap terjaga tanpa memiliki bekas luka.